Thursday, February 12, 2009

TIPS SEBELUM AKSES INTERNET

Teman-teman yang berbahagia....



Barangkali Anda sudah tahu bahwa Internet saat ini sudah semakin dikenal. Betapa tidak lha wong anak SD saja sudah pada bisa internetan. Segala macam lapisan masyarakat sudah pada mengenal makhluk yang bernama internet itu.

Nah, penggunaannya pun bermacam-macam, dari yang hanya sekedar chatting, browsing, penelitian, ataupun yang menggunakan akses internet untuk publikasi, promosi ataupun berbisnis.

Segala macam informasi tumpah ruah di sana. Kalau diibaratkan sebuah rimba belantara, maka internet adalah rimba belantara yang luas dengan berbagai macam tumbuhan liar, semak perdu, rumput beserta hewan-hewan yang ada disana. Ada yang buas, ada yang melata. Namun adapula yang jinak dan tidak membahayakan.

Coba deh Anda bayangkan Anda memasuki hutan rimba belantara yang luas, sendirian, tanpa peta, tanpa kompas, dan tanpa persiapan yang matang. Bisa saya pastikan deh Anda akan tersesat didalamnya. Bisa saja Anda akan tinggal nama saja karena tersesat dan dimakan binatang buas.

Mungkin Anda jadi bertanya : “Kenapa sih kok diibaratin rimba belantara? Lebih enak kan diibaratin Mall, atau Supermarket. Bukankah internet menyediakan segala macam yang kita butuhkan?”

Oke... benar kata Anda.... Tapi sebentar, ada yang perlu diluruskan.....

Pernahkan Anda mengalami seperti yang pernah saya alami, Begini:

Beberapa waktu yang lalu saya pernah berniat akses internet untuk mencari informasi seputar bahan makalah untuk seminar saya. Nah setelah akses internet, beberapa saat memang saya menemukan satu artikel namun kurang begitu mendukung. Jadi harus mencari artikel lain yang lebih mendukung untuk referensi makalah saya. Seperti biasa saya juga iseng-iseng chatting. Namun apa yang terjadi setelah itu, saya menemukan sebuah situs yang sangat menarik bagi saya. Ya sudah pasti sudah dapat ditebak, saya malah menghabiskan 3 jam akses internet hanya untuk chatting dan membuka halaman demi halaman website tersebut. Waktu 3 jam berlalu begitu cepat tanpa satu artikel pun saya dapatkan karena saya pun lupa menyimpan artikel yang saya temukan tadi.

Artinya.... saya melenceng dari tujuan semula, ya kan? Itu sih sama artinya tersesat dari jalur utama saya.. kalau saya ibaratin ya itu... jadi seperti tersesat di hutan rimba belantara yang luas.

Mungkin teman-teman juga pernah mengalami seperti yang saya rasakan?

Dari hasil tanya sana tanya sini dengan teman-teman yang lain yang pernah saya temui mengatakan pernah seperti itu. Malah ada yang mengatakan sering.

Untuk itu, dari pengalaman saya dan teman-teman yang lain, saya mau ngasih tips. Tips ini sudah saya praktekkan dan ternyata memang berhasil. Mungkin kelihatannya merepotkan, tetapi buat saya itu sangat mendukung kelancaran kerja saya. Asal tahu aja, saya kan kerjanya sebagian besar berhubungan dengan internet.

OK... berikut ini tips Sebelum Anda Akses Internet ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan.

1. Tentukan tujuan Anda mengakses Internet. Mungkin cari info perkerjaan, cari artikel, bisnis, cari info kesehatan, hiburan, download, promosi, dan yang lain, ataukah mungkin sekedar chatting.

2. Siapkan notes/catatan, bolpen, dan flashdisk. Notes dan flashdisk digunakan untuk mencatat hal-hal penting pada waktu akses internet, misalkan alamat url website, download, menyimpan halaman web dll. Oh ya, Jika ke warnet jangan lupa bawa uang yang cukup lho :) Eh benar lho saya pernah ngalami ke warnet lupa bawa uang. Jadi waktu bayar nitipin KTP dulu. Malu-maluin deh.

3. Catat di atas kertas point-point penting yang akan Anda lalukan maupun yang akan Anda cari. Misalkan: #1.buka email #2.kirim email #3.upload artikel di blog #4.ikut program bisnis di formulabisnis #5.browsing cari artikel bisnis, dll dll. Taruh catatan tersebut di depan monitor. Catatan ini digunakan sebagai panduan pada waktu akses internet biar tidak melenceng dari tujuan semula.

4. Tentukan berapa lama Anda akses internet. Hal ini berkaitan dengan biaya akses internet, dan juga melatih kedisiplinan diri.

5. Disiplin diri untuk tidak tergerak mengunjungi web atau hal-hal yang lain selain dari tujuan semula.

OK.. demikian tips dari saya, mudah-mudahan bermanfaat bagi teman-teman semua.


Semoga bermanfaat.






Labels:

1 Comments:

Blogger jiwa fana mencari pencerahan said...

waaahhh info nya bagus sekali gan,,

dlu juga pernah pengalaman, browsing2 rencana mau cari bahan kuliah, eh ngga tau nya keluyuran ke situs2 ya ngga karuan, heee,,,,

May 5, 2010 at 10:11 AM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home