Saturday, February 28, 2009

TIPS SAAT BROWSING DI INTERNET






Kenapa ya kasih tips tentang browsing di internet segala? :)


Bukan karena saya kesulitan cari ide untuk conten blog ini lho, namun ini murni dari hasil survey saya kecil-kecilan terhadap teman-teman yang sering ke warnet, atau yang aksesnya pakai dial up, dan yang pasti tidak memiliki koneksi internet gratis [seperti hot spot, atau pakai internet kantor/sekolah :) serta yang utama dari pengalaman saya sendiri].



Nah, Apasih kesulitan yang sering dialami teman-teman?

Pengalaman saya sendiri, saya pernah beberapa kali kehilangan alamat website menarik yang saya kunjungi karena tanpa sengaja saya klik banner/link yang lain, ee... koneksi internet terputus (maklum deh, saya pakai koneksi dial up GPRS yang kadang sinyalnya di tempat saya terputus. Kasihan ya belum pakai 3G. Bukan apa-apa, saya masih sayang ama hp jadul yang bersejarah ini) :) Padahal belum sempat saya bookmark.

Atau teman-teman yang ke warnet, pasti deh merasakan bagaimana rasanya dikejar-kejar billing warnet. (karena saya juga ngrasain begitu sih..!!) Apalagi kalau pas kantong lagi tipis, bolong lagi. Ampun deh, konsentrasi internetan jadi terganggu, karena seringkali melongok meteran billing yang rupiahnya semakin merambat naik.

Atau mungkin teman-teman punya pengalaman yang lain. OK deh!! Apapun pengalaman Anda, saya akan sharing dan berbagi tips kepada Anda. Dan ini yang sampai sekarang saya lakukan.


Berikut ini tipsnya:

1. catat alamat url website yang dikunjungi. Siapkan bolpen dan notes/kertas untuk mencatat. Atau jika bawa flashdisk cukup copy aja alamat url tersebut dan simpan ke notepad dan tempatkan file tersebut di flashdisk. Nah, sewaktu kita kembali interetan dan ingin mengunjungi website/blog yang kita inginkan, tinggal salin/copy alamat url website tersebut di adress browser. Ngomong-omong Anda pakai apa browsernya? IE, mozilla, opera, k meleon, dll terserah deh...!! :)

2. Simpan halaman web tersebut di komputer/flashdisk. Caranya, baca sekilas halaman web tersebut, lalu simpan (save as) ke flash disk/komputer. Selanjutnya secara offline dapat Anda buka lagi file web yang telah Anda simpan.

Dengan cara ini dapat memberikan beberapa keuntungan kepada Anda yaitu:
  • Menghemat biaya akses internet, karena pada waktu online kita tidak perlu membaca keseluruhan isi website. Sehingga mempersingkat waktu akses internet.
  • Memberi kesempatan untuk membaca secara menyeluruh isi website. Karena dibaca secara offline, otomatis kita dapat membaca lebih tenang. Atau dapat pula dicetak di kertas sehingga dapat dipelajari tanpa harus berhadapan komputer. (kadang capek lho berjam-jam di depan komputer..) :)
  • Untuk dapat memahami lebih dalam isi sebuah website, perlu beberapa kali membacanya.

Betul itu, misalnya untuk sebuah informasi bisnis, saya butuh secara cermat untuk mempelajarinya. Dengan cara ini, dapat memberikan kesempatan kita untuk mempelajari kata demi kata. Dan itu saya lakukan beberapa kali hingga paham. (maaf... bukannya saya o on atau telmi (telat mikir) lho... he-he-he) :) Cuma sekedar kehati-hatian saya, karena ini adalah dunia internet. Segala macam informasi tumpah ruah. Ada yang murni benar, ada pula yang menyesatkan. Nah, setelah mantap koneksikan dengan internet, buka aja file yang Anda simpan tersebut. Jika ingin mendaftar, tinggal klik aja link pendaftaran.

Dengan cara ini kita dapat menghemat waktu akses internet, karena tak perlu lagi membuka halaman utama website tersebut.

Sebagai contoh, sewaktu saya akan bergabung dengan Formula bisnis saya butuh 2 bulan untuk mempelajarinya, sampai akhirnya dengan mantap memutuskan untuk bergabung dengan formula bisnis dan membeli ebook Sistem Mesin Uang Otomatisnya. Dan yang pasti pilihan saya ternyata tidak keliru. Karena materinya adalah materi bisnis internet yang selama ini saya cari.

3. Jika dalam halaman website tersebut terdapat link download atau link web yang ingin Anda kunjungi tetapi belum sempat, catat alamat url tersebut atau copy aja alamat url tersebut dan simpan ke notepad dan tempatkan file tersebut di flashdisk. Nah, sewaktu kita kembali internetan, tinggal salin/copy alamat url link web/link donwnload tersebut di adress browser.

4. Agar tidak kehilangan halaman website yang kita kunjungi, pada waktu akan mengunjungi link yang ada di halaman web tersebut, cukup klik kanan, untuk browser Mozilla : pilih “Open Link In New Tab”. untuk browser Internet Explorer : pilih “Open In New Window”.


Demikian tips sederhana dari saya, semoga bermanfaat.


Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home