Saturday, May 1, 2010

BELAJAR BISNIS? GURU TERBAIK ADALAH DIRI KITA SENDIRI

Bila membaca postingan kali ini, barangkali saya akan dimaki-maki oleh banyak guru ataupun para master di bidangnya.
Mungkin ada yang bilang begini "He lo.. apa kapasitas ente ngomong begini, ente bukan apa-apanya dengan saya, ente juga bukan seorang pakar, apalagi webmaster..." hahaha.... (itu bayangan saya sih) tapi saya yakin kalo mereka2 itu orang yang bijak dan baik, jadi kali aja hanya kasih senyuman.

Saya punya pendapat begitu, dan gak akan mengubah pendapat dan pendirian saya. (hehehe keras kepala ya).  Bukan apa-apa sih, itu emang berkat dari pengalaman pribadi aja.

Coba deh pikirin, siapa sih yang paling berkompeten menentukan kesuksesan kita? Apapun itu usahanya, apapun itu bisnisnya, apapun itu bentuknya.  Saya hakkul yakin bahwa diri kita sendiri yang paling menentukan, bukan orang lain.

Contoh sederhananya gini, kalo kita sakit, siapa yang ngerasaain? hayo. Kita sendiri kan?
Pasti deh ada yang membantah.  Dokter mah lebih tahu dari kita? (Benar gak sih...?? )  Contohnya kalo sakit kanker, apa kita tahu penyakit itu kanker kalo nggak dokter yang ngasih tahu....  Kalo ada yang punya pendapat gitu pasti saya hanya nyengir kuda aja, dan langsung tak bilangin dengan ramah dan lemah lembut (hehehe)
Gini lho, kalo kita sakit misalnya kanker, emang yang ngasih tahu itu dokter, tapi dokter itu tahu kita kena kanker darimana hayo... ya dari sinyal dalam tubuh kita toh.  Mungkin misal kalo dironsen tubuh kita ada benjolan atau apa.  Tapi intinya tubuh kita sendiri yang memberi tahu pada dokter tersebut bahwa kita sakit. gitu..... nah lho... bener kan...!

Lho... bentar, apa hubungannya bisnis dengan sakit?
Huzzz... itu ibarat tau...!! :D

Gini lho maksudnya, sebenarnya kita sendiri yang tahu dengan kondisi, kemampuan, dan keadaan kita sendiri.  Kita sendiri yang tahu bakat apa yang kita miliki.  Orang lain hanyalah parter atau sahabat yang membantu menemukan jati diri kita sendiri.

Meski kita belajar dari seorang pakar sekalipun, meski kita itu berguru pada seorang webmaster, akhirnya kembali kepada kita, mampu nggak menyerap ilmunya, mampu nggak menjalankan caranya.

Lalu, bagaimana? Nah.... Jalan terbaik adalah untuk segera melangkah dan memulai.
Jika sudah memutuskan untuk berbisnis, langkah yang tepat adalah segera menjalankannya, dan jangan menunda.

Biarkan kita rasakan asam, manis, dan pahitnya dalam membangun kerajaan bisnis kita.  Siapkan diri kita untuk gagal, tapi juga siapkan diri kita untuk sukses kedepannya.
karena apa? Guru terbaik adalah berasal dari kegagalan-kegagalan yang kita alami sebelumnya, namun kita terus bangkit dan belajar dari kegagalan tersebut, dan berusaha untuk tidak mengulanginya.

Belajar bersepeda pasti pernah merasakan pedihnya jatuh.  ocre...

salam sukses .....

Labels: ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home