Saturday, February 28, 2009

KESUKSESAN (seri 1)




Sukses.

Mudah ya menyebutkannya, dan kadang bahkan sering orang mengucapkan kata itu. untuk beberapa kesempatan kedepan saya akan mengulas apa sih hakekat sebenarnya sukses itu.

Sebagian saya ambil dari pendapat dan pemikiran orang lain, namun yang paling esensi adalah buah pikir saya berdasarkan pengalaman yang telah saya alami sendiri. Berawal dari kegagalan-kegagalan yang telah memberikan pelajaran yang cukup berharga bagi saya pribadi. Namun semua itu malah menjadikan guru yang cukup berharga dalam menyikapi dan memaknai hidup. ehmm... :)

Tapi maaf lho... ini bukan bermaksud menggurui, atau sekedar omong kosong belaka. ini adalah nyata dari pengalaman pribadi. Bukankah pengalaman adalah guru yang terbaik... :)


APA ITU SUKSES?

Seorang ibu yang bijak, pada waktu anaknya akan berangkat ujian pasti akan mengatakan "ibu doakan semoga kamu sukses ya, dalam mengerjakan soal-soal ujian."

Atau seorang pembalap mendapat ucapan selamat dari rekan-rekan setimnya begini,
"Hebat kamu... sekarang kamu telah sukses menjadi pembalap termuda yang menjuarai balap mobil ini."

Buat para pemikir negeri, mereka akan merasa sukses jika program kerja yang mereka buat telah dijalankan sesuai dengan rencana, dan tidak meleset dari yang digariskan.

Ada pula yang mengatakan:
"Kalau saya mencapai ini, maka saya sukses."
"Kalau saya dapat uang satu juta, maka saya sukses."
"Kalau saya punya uang 50 milyar, maka saya sukses."
"Kalau nanti saya menjadi direktur suatu perusahan besar"
"kalau nanti saya mempunyai rumah besar,2 buah villa dan 3 buah mobil, maka saya pada saat itu sukses."

Kesuksesan adalah lawan dari kegagalan. betul kan? ;)
kata orang bijak sih "kegagalan adalah sukses yang tertunda"
atau kata salah satu iklan rokok (bukan iklan lho) "kegagalan adalah enjoy yang tertunda"
he he he... ada-ada aja ya...

Pernah saya sempat pusing tujuh keliling mengartikan apa itu sukses.
Bagaimana tidak, banyak pendapat dari berbagai ahli tentang sukses.
dan definisi tentang sukses itu (menurut saya) berbeda tergantung dari segi mana dia memandang. segi tiga, segi empat, segi lima.... atau segi yang lain? kok malah ngelantur ya...

Seorang programer komputer akan merasa sukses jika program yang dibuatnya sudah tidak mengandung bug (sedikit bug juga boleh) dan bisa diaplikasikan.

Seorang internet marketing akan merasa sukses jika penghasilan dari netter yang ia targetkan terlampaui.

Seorang consultan asuransi akan merasa sukses jika seorang ibu yang menjadi target asuransi pendidikan bersedia membuka account untuk putrinya yang cantik.

Seorang pedagang kain akan merasa sukses jika dagangannya ludes terjual

Seorang tukang kompor akan merasa sukses jika kompor yang ia buat tidak bocor dan disukai oleh pembeli.

Seorang pencuri, (lho kok...) akan merasa sukses jika dia berhasil mencuri di rumah pengusaha kaya, menguras habis hartanya, dan tidak tertangkap polisi.

Seorang polisi, akan merasa sukses bila dapat menangkap pencuri tersebut. he he he...

de el de el de el....... :)
Nah kan, semua itu tergantung dari segi mana dia memandang.

Namun, bukan itu hakekat yang sebenarnya tetang sukses.
Itu hanyalah esensi dari luarnya saja. Dan menurut saya itu hanyalah indikator dari
sebuah kesuksesan sesaat.


Lalu apa hakekat kesuksesan yang sebenarnya?
Sabar dulu ya...

Beberapa hari kedepan, saya akan mengungkapkan hakekat kesuksesan, bagaimana sukses itu, cara mendapatkan kesuksesan, strategi dll dll... yang pasti menarik untuk di simak....

Itu bagi anda yang tertarik lho..:)


trims... salam sukses


Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home